MAKALAH
Dampak Implementasi ICT dalam Pembelajaran
Disusun sebagai Tugas Kelompok Mata Kuliah Pembelajaran Berbasis ICT
yang diampu oleh Tiara Anggia D, M.Pd
Di susun oleh:
Dwi Margi Rahayu 16210012
Eka Rachmawati 16210013
Radesa 16210025
Universitas Muhammadiyah Metro
Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan
Program Studi Pendidkan Ekonomi
2018
KATA PENGANTAR
Puji dan rasa syukur mendalam penulis panjatkan kehadirat Allah SWT, karena berkat limpahan rahmat, hidayah, dan inayah-Nya maka makalah ini dapat diselesaikan dengan baik, salam dan salawat semoga selalu tercurah pada baginda Rasulullah Muhammad SAW.
Makalah yang berjudul “Dampak Implementasi ICT dalam Pembelajaran” ini kami susun untuk memenuhi tugas kelompok mata kuliah Pembelajaran berbasis ICT pada Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Metro.
Penulis mengucapkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya atas semua bantuan yang telah diberikan, baik secara langsung maupun tidak langsung selama penyusunan makalah ini hingga selesai. Secara khusus rasa terima kasih tersebut kami sampaikan kepada:
Orang tua yang selalu memberikan do’a dan dukungannya kepada penulis, sehingga makalah ini dapat selesai tepat waktu.
Ibu Tiara Anggia D, M.Pd selaku dosen pengampu mata kuliah Sosiologi, Antropologi Pendidikan
Rekan-rekan di Program Studi Pendidikan Ekonomi semester 4, Universitas Muhammadiyah Metro yang telah juga banyak membantu penulis.
Penulis menyadari bahwa makalah ini belum sempurna baik dari materi maupun penyajiannya. Untuk itu kritik dan saran yang membangun sangat diharapkan dalam penyempurnaan makalah ini.
Terakhir penulis berharap, semoga makalah ini dapat memberikan hal yang bermanfaat dan menambah wawasan bagi pembaca dan khususnya bagi penulis juga.
Metro, 08 Maret 2018
Penulis,
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL i
KATA PENGANTAR ii
DAFTAR ISI iii
BAB I PENDAHULUAN 1
Latar Belakang 1
Rumusan Masalah 1
Tujuan 2
BAB II PEMBAHASAN 3
Pengertian media pembelajaran 3
Dampak Positif dari media ICT 4
Dampak Negatif dari media ICT 4
BAB III PENUTUP 6
Kesimpulan 6
DAFTAR PUSTAKA
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Seiring dengan kemajuan teknologi yang mengglobal telah terpengaruh dalam segala aspek kehidupan baik di bidang ekonomi, politik, kebudayaan, seni dan bahkan di dunia pendidikan. Kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan ini, karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuanm ilmu pengetahuan. Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia. Memberikan banyak kemudahan, serta sebagai cara baru dalam melakukan aktifitas manusia. Khusus dalam bidang teknologi informasi sudah menikmati banyak manfaat yang dibawa oleh inovasi-inovasi yang telah dihasilkan dalam dekade terakhir ini. Namun demikian, walaupun pada awalnya diciptakan untuk menghasilkan manfaat positif, di sisi lain juga memungkinkan digunakan untuk hal negatif. Kehadiran TIK dalam pendidikan bisa dimaknai dalam tiga paradigma, yaitu (1) TIK sebagai alat atau berupa produk teknologi yang bisa digunakan dalam pendidikan, (2) TIK sebagai konten atau sebagai bagian dari materi yang bisa dijadikan isi dalam pendidikan, dan (3) TIK sebagai program aplikasi atau alat bantu untuk manajemen pendidikan yang efektif dan efisien.
Ketiga paradigma tersebut disinergikan dalam sebuah kerangka sumberdaya TIK yang secara khusus diposisikan dan diarahkan untuk mencapai visi dan misi pendidikan di Indonesia. Di era globalisasi pendidikan, disadari ataupun tidak, tantangan dunia pendidikan ke depan akan lebih berat. Oleh karena itu, optimalisasi TIK menjadi salah satu alternatif solusi dalam menopang dan menggerakkan dunia pendidikan di kancah persaingan global. Dalam dunia pendidikan di Indonesia, ada beberapa alasan problematik yang melatar belakangi pentingnya pemanfaatan TIK, terutama dalam (1) meningkatkan mutu pendidikan di semua jenjang, (2) mengatasi kesenjangan layanan pendidikan akibat kondisi geografis yang mana jika diabaikan akan menimbulkan disparitas mutu layanan, dan (3) perubahan sosio-budaya masyarakat yang bergerak dinamis, dan (4) memupuk rasa nasionalisme untuk menjaga kesatuan dan persatuan bangsa.
B. Rumusan Masalah
Dari permasalahan yang penulis angkat, dapat dirumuskan masalah sebagai berikut
Apa dampak negatif dan dampak positif Implementasi ICT dalam Pembelajaran
C. Tujuan Penulisan
Tujuan penulisan makalah ini untuk memenuhi tugas mata kuliah Technologi dan Media Pembelajaran serta untuk meningkatkatkan pengetahuan penulis dalam memahami dampak teknologi informasi dan komunikasi terhadap aktivitas pendidikan.
BAB II
PEMBAHASAN
Pengertian Media Pembelajaran
Media merupakan alat yang harus ada apabila kita ingin memudahkan sesuatu dalam pekerjaan. Kata media itu sendiri berasal dari bahasa latin yang merupakan bentuk jamak dari kata “ medium “ yang berarti “ pengantar atau perantara “, dengna demikian dapat diartikan bahwa media merupakan wahana penyalur informasi belajar atau penyalur pesan. Sehingga media pembelajaran dapat diartikan sebagai suatu perantara atau pengantar yang memudahkan pengajar untuk menyampaikan suatu materi kepada siswa.
Kit Lay Bourne menyatakan bahwa “ penggunaan media tidak harus membawa bungkusan berita-berita semua, siswa cukup dapat mengawasi suatu berita.” Dari pendapat tersebut dapat dihubungkan bahwa penyampaian materi pelajaran dengan cara komunikasi masih dirasakan adanya penyimpangan pemahaman oleh siswa. Masalahnya adalah bahwa siswa terlalu banyak menerima sesuatu ilmu dengan verbalisme. Apalagi dalam proses belajar mengajar yang tidak menggunakan media dimana kondisi siswa tidak siap, akan memperbesar peluang terjadinya verbalisme.
Media yang difungsikan sebagai sumber belajar bila dilihat dari pengertian harfiahnya juga terdapat manusia didalamnya, benda, ataupun segala sesuatu yang memungkinkan untuk anak didik memperoleh informasi dan pengetahuan yang berguna bagi anak didik dalam pembelajaran. Sasaran penggunaan media adalah agar anak didik mampu mencipatakan sesuatu yang baru dan mampu memanfaatkan sesuatu yang telah ada untuk dipergunakan dengan bentuk dan variasi lain yang berguna dalam kehidupannya,. Dengan demikian mereka dengan mudah mengerti dan mamahami materi pelajaran yang disampaikan oleh guru kepada mereka.
Dari berbagai macam media yang ada, salah satu yang cukup popular kini adalah media ICT. Apalagi pembangunan suatu bangsa memerlukan sumber daya manusia yang handal dalam menghadapi arus globalisasi. Dampak globalisasi mengakibatkan terjadinya persaingan secara bebas dalam dunia pendidikan dan tenaga kerja sebagai akibat mekanisme pasar. Lembaga pendidikan harus menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas yang mampu memenuhi tuntutan permintaan pasar tenaga kerja yang cenderung berkembang sejalan dengan perkembangan teknologi. Kenyataan menunjukan bahwa untuk meningkatkan kualitas pendidikan harus dipenuhi berbagai persyaratan salah satunya adalah memiliki sarana prasa prasarana yang memenuhi standar seperti pemanfaatan ICT dalam pendidikan. Dengan hadirnya ICT dunia pendidikan bisa membawa dampak positif apabila teknologi tersebut dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, tetapi bisa menjadi masalah baru apabila sekolah tidak siap. Untuk itu, perlu dilakukan suatu kajian tentang dampak pembelajaran dengan media ICT.
Dampak positif pembelajaran dengan media ICT adalah :
Lebih efektif
Komputer memungkinkan siswa belajar sesuai dengan kemampuan dan kecepatannya dalam memahami pengetahuan dan informasi yang ditayangkan. Penggunaan komputer dalam proses belajar membuat siswa dapat melakukan kontrol terhadap aktivitas belajarnya. Selain itu, biasanya dengan media ICT ini materi yang begitu padat dapat lebih dioptimalkan penyampaiannya. Cara pengoptimalan penyampaian ini biasanya dengan metode berkelompok, sehingga aktivitas belajar siswa akan meningkat.
Siswa terlihat lebih bersemangat
Dengan banyaknya aplikasi pada media ICT membuat semangat siswa meningkat. Pengajar dapat bebas membuat aplikasi menarik yang tentunya merangsang keaktifan siswa dalam pembelajaran tersebut.
Meningkatkan pengetahuan tentang teknologi
Di era globalisasi saat ini media ICT berkembang pesat. Adanya pembelajaran dengan media ICT ini membantu siswa meningkatkan pengetahuan mereka tentang teknologi selain dari mata pelajaran TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi). Itu dikarenakan keingintahuan siswa yang besar sehingga mereka tertarik mempelajarinya.
Mudah dalam mencari informasi
Dengan media ICT akan mempermudah dalam mencari informasi, termasuk mengenai materi-materi pembelajaran, terutama dengan media internet.
Dampak negative dari pembelajaran dengan media ICT adalah :
Siswa kurang memperhatikan saat proses pembelajaran
Media ICT mempunyai banyak aplikasi yang memudahkan pemakainya. Namun, terkadang karena terlalu berlebihan siswa malah memperhatikan penggunaan aplikasi tersebut bukan materinya.
Siswa kurang memahami materi yang disampaikan
Untuk beberapa mata pelajaran siswa mungkin dapat memahami dengn mudah materi yang disampaikan. Namun untuk beberapa siswa kurang memahami materi di beberapa materi tersebut. Ini dikarenakan penggunaan media kurang sesuai dengan harapannya meningkatkan kreatifitas siswa. Yang terjadi adalah komunikasi searah yang kemudian pembelajaran tersebut menjadi kurang diminati siswa.
Memberikan masalah baru kepada sekolah
Dampak positif teknologi terhadap dunia pendidikan sudah tidak diragukan lagi. Berbagai pendapat pakar dari berbagai disiplin ilmu sepakat bahwa kehadiran teknologi baru seperti internet dan lain-lain akan dapat meningkatkan kualitas pendidikan. Namun perlu disadari bahwa kehadiran teknologi tersebut di sekolah juga menimbulkan masalah baru apabila sekolah tidak siap antara lain :
Sarana disekolah belum memadai
Keterbatasan biaya dan tenaga operasional
Kepala sekolah dan guru kurang sadar akan pentingnya media pendidikan
Beban orang tua siswa lebih berat
Kondisi keamanan sekolah kurang memadai
Persepsi yang salah terhadap media pembelajaran
Guru merasa terbebani
Melihat banyaknya dampak negatif media ICT terutama menimbulkan masalah baru bagi sekolah, maka diperlukan solusi agar pembelajaran dengan media ICT dapat berjalan lancer. Solusi tersebut adalah :
Guru mengulas ulang materi yang disampaikan
Siswa seharusnya memiliki bekal terlebih dahulu
Penggunaan aplikasinya jangan terlalu berlebihan
Lebih ditingkatkan penialaian individual
Pembelajaran dibuat lebih menyenangkan
Dampak serta masalah yang timbul dari pembelajaran dengan media ICT bukan hanya tanggung jawab pihak sekolah maupun siswa saja, namun menjadi tanggung jawab semua pihak baik orangtua/wali murid, masyarakat dan pemerintah.
BAB III
PENUTUP
Ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang terus, bahkan dewasa ini berlangsung dengan pesat. Perkembangan itu bukan hanya dalam hitungan tahun, bulan, atau hari, melainkan jam, bahkan menit atau detik, terutama berkaitan dengan teknologi informasi dan komunikasi yang ditunjang dengan teknologi elektronika. Pengaruhnya meluas ke berbagai bidang kehidupan, termasuk bidang pendidikan. Pengaruh perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat cepat ini memberikan dampak positif dan dampak negatif.
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi berdampak positif dengan semakin terbuka dan tersebarnya informasi dan pengetahuan dari dan ke seluruh dunia menembus batas ruang dan waktu. Dampak negatifnya yaitu terjadinya perubahan nilai, norma, aturan, atau moral kehidupan yang bertentangan dengan nilai, norma, aturan, dan moral kehidupan yang dianut masyarakat. Menyikapi keadaan ini, maka peran Guru sangat penting untuk mengembangkan dampak positif dan memperbaiki dampak negatifnya.
DAFTAR PUSTAKA
Hamzah B. Uno dan Nina Lamatenggo, Teknologi Komunikasi dan Informasi Pembelajaran (Jakarta: Bumi Aksara, 2011)
Arsyad, Azahar, Media Pembelajaran, Jakarta: PT.RajaGrafindo Persada, 2003.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar